PROFIL IQT UNSIQ

PROFIL PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNSIQ

Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Sains Alqur an
Kode Program Studi : 76231
Nama Program Studi : Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Tanggal Berdiri : 8 Oktober 2008
Tanggal SK : 2009-10-22
SK Penyelenggaraan : Dj.I/614/2009

SK Akreditasi : 049/BAN-PT/Ak-XIV/S1/I/2012 Tertanggal 13 Januari 2012

Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 11.2
________________________________________
Alamat : Jalan Raya KH. Hasyim Asy’ari Km.03 Mojotengah Kab.Wonosobo
Kode Pos : 56351
Telepon : (0286)321873
Faximile : (0286)324160
Email : fshunsiq@gmail.com
Website : http//iqt.unsiq.ac.id
________________________________________
Gelar Lulusan : S.Ag/

+ S.Q (Program Tahfidz 30 Juz
Deskripsi :

Menjadi program studi  yang unggul dan terkemuka di Jawa Tengah tahun 2021 dalam mentransformasikan nilai-nilai ilmu al-Qur’an dan Tafsir secara nyata, berwawasan Humanis, berbasis riset dalam konteks Ke-Indonesiaan. Penjelasan:

  • Unggul adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan tinggi yang ditunjukkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu berkompetisi di era global.
  • Terkemuka di Jawa Tengah adalah lulusan prodi memiliki kompetensi di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang berkualitas dan berkarakter dan dikenal di Jawa Tengah karena ke-khasan-nya.
  • Transformatif adalah karakter pribadi lulusan yang dihasilkan Prodi dapat memadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika budaya, sosial dan politik kebangsaan, serta memiliki sikap responsive dan konstruktif dalam menerima perubahan dan kemajuan sainstek.
  • Humanis adalah lulusan Prodi dapat menerapkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik, sesuai dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh berdasarkan asas perikemanusiaan, dan pengabdian kepentingan sesama umat manusia.
  • Nilai-nilai ilmu al-Qur’an seacar nyata adalah lulusan Prodi yang dihasilkan mampu mentransformasikan nilai-nilai Al-Quran secara nyata dalam kehidupan, baik dalam konteks tranformasi ilmu dan amal dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Berbasis riset dalam konteks ke-Indonesia-an adalah lulusan prodi yang dihasilkan mampu memberikan solusi atas problem-problem keagamaan berdasarkan riset dan penelitian dan apresisasi terhadap pengembangan keilmuan al-Qur’an dan Tafsir dalam konteks Ke-Indonesia-an dan aspek lokalitas bangsa Indonesia.

 

Misi:

Untuk merealisasikan visi tersebut, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ mempunyai misi sebagai berikut :

  1. mengembangkan sumber daya insani yang unggul melalui penyelenggaraan pendidikan ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang berkontribusi pada peningkatan kualitas Peradaban Umat islam berhaluan ahlus sunnah wal jama’ah dalam bingkai ke-Indonesiaan.
  2. menghasilkan riset dan inovasi pemikiran tentang ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang transformatif terhadap perkembangan zaman, serta humanis dalam menjawab isu-isu kontemporer;
  3. mencetak kader-kader ulama yang ahli dalam bidang ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang berkarakter transformatif, humanis dan qur’ani;
  4. menciptakan proses pembelajaran ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang dinamis, progresif dan kondusif dalam suasana diniyah, ilmiah dan ukhuwah;
  5. mengaktualisasikan mutiara pesantren dan keunggulan pendidikan modern sebagai apresiasi insan kamil dalam mengimplementasikan Islam rahmatan lil alamin.
  6. Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian.

Mengembangkan kerjasama dengan berbagai  instansi pemerintah dan swasta dan bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

 

Tujuan:

Tujuan Program Studi (S.1) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  adalah:

  1. Menghasilkan sarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang ulama’-intelektual, berjiwa transformatif, berkarakter humanis dan qurani, serta mampu berkontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas peradaban dan kemajuan Islam yang rahmatan lil alamin.
  2. Menghasilkan riset dan publikasi ilmiah yang nyata dalam bidang al-Qur’an dan Tafsir bagi pengembangan ilmu-ilmu keislaman dengan memadukan sains dan teknologi untuk kemajuan Islam dalam konteks Ke-Indonesia-an.
  3. Berkarya nyata melalui pengabdian masyarakat dengan menghasilkan sinergitas kajian ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  4. Mewujudkan program studi ilmu al-Qur’an dan tafsir berbasis riset dan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan menuju world quranic university.

Capaian Pembelajaran :

DOSEN TETAP:

1. DR.H.Asyhar Kholil, Lc., M.A NIDN:0607086701
2. Asmaji Muhtar, Ph.D NIDN:0607046201
3. Muhamad Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I NIDN: 0620068204
4. Maurisa Zinira, S.Th.I, M.A NIDN: 0606098701
5. Ahmadiy, S.Th.I, M.Hum NIDN: 0601027904
6. Sawaun, S.Th.I, M.Hum NIDN: 0627048202
7. Arif Al Wasim, S.Pt., M.S.I NIDN: 0621038103
8. Robiah Adawiyah, S.Th.I, M.S.I NIDN: 0630088801

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*