Kunjungan Jokowi ke PPTQ Al Asy’ariyyah Kalibeber dan Penulisan huruf Ba’ Mushaf Akbar UNSIQ

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menuliskan huruf “ﺏ” yang merupakan awalan kata dari penulisan huruf Bismillah menjadi penanda dimulainya pembuatan Mushaf Al Quran Akbar oleh Baitul Qur’an Kampus UNSIQ Wonosobo. Penulisan huruf Ba’ dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (16/6). Mushaf Al Quran Akbar adalah Al Quran berukuran besar yang ditulis tangan secara manual dengan menggunakan alat tulis tradisional berupa bambu yang diruncingkan, proses penulisannya dilakukan dengan dawamul wudhu’ yang dilakukan oleh Sang Maestro Mushaf UNSIQ H.Hayatuddin. Mushaf Al Quran Akbar memiliki ukuran panjang 200 cm dengan lebar 150 cm. Kitab suci umat Islam itu memiliki tebal 25 centimeter atau 315 lembar dengan berat 315 kilogram. Al Quran Akbar ditulis di lembaran kertas  khusus.
Adapun Ornamen dari Al Quran Akbar ini dikerjakan oleh: Anas Makruf dan jenis tulisan yang digunakan Khot Naskhi untuk isi Al Quran serta Khot Tsuluts untuk nama-nama surat.
Saat proses pembuatannya, penulis selalu dalam keadaan suci dan berpuasa. Penulisan akan dilakukan selama kurang lebih 2 tahun. Daya tahan Al Quran ini diperkirakan mencapai 150 tahun.
Peristiwa itu terjadi pada di sela-sela Presiden Jokowi melakukan rangkaian kunjungan kerja di beberapa daerah di Jawa Tengah, Jumat (16/6). Kala itu dia didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang melakukan salat tarawih bersama para santri.
Usai melakukan salat tarawih, Jokowi menyampaikan sejumlah pesan di pesantren yanag terletak di Jalan KH Asy’ariyyah, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Jokowi mengajak masyarakat, khususnya para santri, untuk menghargai keberagaman suku, agama, budaya dan bahasa yang dimiliki Indonesia.
“Saya ingin ingatkan bahwa negara kita Indonesia adalah negara besar, negara besar. Kita tahu semuanya bahwa kita memiliki 17 ribu pulau, 516 kabupaten/kota, 34 provinsi, 714 suku yang beragam, serta miliki 1.100 bahasa lokal yang berbeda-beda,” ungkapnya seperti dalam rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden , Jumat (16/6).
Dia juga mengajak masyarakat untuk ikut membantu pemerintah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Mengingat sekarang ini banyak sekali ujaran kebencian yang disampaikan masyarakat di media sosial.

Random Posts

  • pmb unsiq BROADCAST PMB UNSIQ 2016

    Ingin bisa kuliah sambil ngaji di prodi ilmu al-Quran dan Tafsir, ke UNSIQ aja! ; https://t.co/OtVPAvvrhE pic.twitter.com/4f1o7J8UMR — Pesantren Qur'an […]

  • images Kalender Akademik FSH 2017-2018

    Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dilingkungan fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ, agar mengupdate kegiatan akademik seperti […]

  • PAMFLET PMB UNSIQ 2018 PMB UNSIQ 2018

    Klik Pendaftaran Mahasiswa UNSIQ Ingin Kuliah sambil Ngaji di Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, ke UNSIQ saja ! pmb.unsiq.ac.id

  • photo_2017-11-30_08-46-10 Diskusi Ilmiah Ke-Alqur’anan Prodi IQT UNSIQ, PBA dan LTPQ UNSIQ

    Pada kegiatan diskusi ilmiah rutin ke Alquranan yang di motori oleh Lembaga tahfidz dan Pengkajian Alqur’an (LTPQ) UNSIQ pada putaran […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*